Jln. Pemuda No. 32, Cirebon Jawa Barat 45132, Indonesia
+62 231 206558 Ext 123

FAQ PMB UGJ TA. 2023/2024

FAQ PMB UGJ TA. 2023/2024

01 Jan 2023 | Admin

PERTANYAAN YANG SERING DITANYAKAN :

 

1. Pendaftaran PMB UGJ TA. 2023/2024 ada jalur apa saja?

Jawab :

Jalur PMDK Rapor
Jalur PMDK Rapor hanya diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat tahun 2023 dengan syarat rata-rata nilai pengetahuan semua mata pelajaran semester 1-5 minimal 75. Jalur PMDK Rapor tidak dikenakan biaya pembelian formulir (Gratis).

Jalur Reguler
Jalur reguler diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat tahun 2023 yang tidak memenuhi syarat nilai rapor, lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat tahun 2022 dan sebelumnya. Biaya Pembelian Formulir Jalur Kelas Reguler Sarjana sebesar Rp. 350.000.

Jalur Kelas Sore
Diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat yang akan mengambil kelas sore atau weekend. Bagi yang sudah bekerja, bisa mendaftar kelas Sore. Biaya Pembelian Formulir Jalur Kelas Sore Sarjana sebesar Rp. 350.000.

Jalur RPL
Jalur RPL diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat atau S1 yang sudah memiliki pengalaman kerja yang dapat direkognisi. Jalur RPL memerlukan proses konsultasi secara langsung dengan pihak panitia RPL di Ruang RPL Gedung Rektorat Lantai 3 Kampus 1 UGJ. Biaya Pembelian Formulir RPL Sarjana sebesar Rp. 350.000 dan RPL Pascasarjana (S2) sebesar Rp. 750.000.

Jalur Magister
Jalur Magister diperuntukkan bagi lulusan sarjana (S1) yang ingin melanjutkan ke jenjang magister (S2). Biaya Pembelian Formulir Magister sebesar Rp. 750.000.

 

2. Bagaimana cara melakukan pendaftaran PMB UGJ TA. 2023/2024 ?

Jawab :

Melakukan pengisian formulir secara onlin pada link berikut :

Pendaftaran PMB UGJ Jenjang Sarjana Non Fakultas Kedokteran : https://register.ugj.ac.id/daftar

Pendaftaran PMB UGJ Jenjang Sarjana Fakultas Kedokteran : http://ppmb.fkunswagati.ac.id/home

Pendaftaran PMB UGJ Program RPL Sarjana (S1) : https://rpl-s1.ugj.ac.id/daftar

Pendaftaran PMB UGJ Program RPL Magister (S2) : https://rpl-s2.ugj.ac.id/daftar

Pendaftaran PMB UGJ Jenjang Magister (S2) : https://pmbpasca.ugj.ac.id/daftar

 

3. Bagaimana cara mengetahui informasi username dan password akun pendaftaran ?

Jawab :

Username dan Password pendaftaran bisa dilihat pada :

1. Kartu pendaftaran yang didownload ketika selesai mengisi formulir pendaftaran online.

2. Email yang digunakan saat mendaftar.

3. SMS dengan nomor yang digunakan saat mendaftar

Jika masih mengalami kendala dalam melihat username dan password pendaftaran, silahkan hubungi admin call center PMB UGJ atau datang langsung ke Kantor Pelayanan PMB UGJ di Kampus 1 UGJ, Jalan Pemuda No. 32, Kesambi, Kota Cirebon.

 

4. Bagaimana cara menghitung rata-rata nilai rapor ?

Jawab :

Cara Hitung Rata-Rata Nilai Pengetahuan Rapor
1. Jumlahkan nilai pengetahuan semua mata pelajaran
2. Hasil penjumlahan nilai pengetahuan semua mata pelajaran bagi dengan jumlah mata pelajaran disemester tersebut

Contoh :
Jumlah Nilai Pengetahuan Semua Mata Pelajaran di Semester 1 : 640
Jumlah Mata Pelajaran : 8
Maka :
650/8 = 80

 

5. Cara mendapatkan Kartu Peserta Ujian ?

Jawab :

Kartu peserta ujian dapat di unduh dengan login ke portal pendaftaran menggunakan username dan password akun pendaftaran masin-masing.

 

6. Bagaimana dan Kapan Pelaksanaan Tes Seleksi CBT bagi pendaftar Jalur Reguler ?

Jawab :

Tes seleksi CBT dilaksanakan secara daring melalui portal pendaftaran akun masing-masing dengan jadwal pelaksanaan tertera pada Kartu Peserta Ujian. Tes terdiri dari Tes Mandiri (Dasar-dasar IPA dan IPS) serta Tes Potensi (Psikotes).

 

7. Bagaimana cara melakukan seleksi administrasi bagi pendaftar PMDK ?

Jawab :

Seleksi administrasi PMDK dilakukan dengan mengumpulkan Fotocopy Rapor Semester 1-5 ke Kantor Pelayanan PMB UGJ di Kampus 1 UGJ, Jalan Pemuda No. 32, Kesambi, Kota Cirebon.

 

8. Informasi Hasil Seleksi atau Pengumuman Kelulusan dapat diakses dimana ?

Jawab :

Informasi pengumuman hasil seleksi atau pengumuman kelulusan dapat dilihat pada Dokumen Surat Hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UGJ yang dapat di unduh pada portal pendaftaran akun masing-masing.

 

9. Bagaimana Cara Melakukan Herregistrasi (Pembayaran UKT) Setelah Dinyatakan Lulus Seleksi ?

Jawab :

Pembayaran UKT dapat dilakukan melalui Bank BJB Kampus 1 UGJ, Bank BJB Terdekat, Shopee atau Tokopedia dengan menggunakan kode pembayaran yang tertera pada Dokumen Surat Hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UGJ.

Cara Melakukan Pembayaran UKT melalui Bank BJB : Klik Disini

Cara Melakukan Pembayaran UKT melalui Shopee : Klik Disini

Cara Melakukan Pembayaran UKT melalui Tokopedia : Klik Disini

 

10. Bagaimana Cara Melakukan Pengisian Biodata ?

Jawab :

Pengisian biodata dilakukan dengan login pada portal pendaftaran dan memilih menu isi biodata. Isi seluruh biodata dengan lengkap, jika ada kendala atau data yang belum tersedia silahkan menghubungi Admin Call Center.

 

11. Bagaimana Cara Melakukan Upload File ?

Jawab :

Upload File dilakukan dengan login pada portal pendaftaran dan memilih menu Upload File. Unggah dokumen sesuai yang diminta pada menu Upload File dengan ketentuan sebagai berikut :

1. Format file menggunakan pdf
2. Ukuran file tidak lebih dari 2 MB
3. Penamaan file menggunakan format : nama_nama file (tanpa spasi)
Contoh : 
Nama : Asep Sunandar
Nama file :
Asep_Ijazah.pdf atau AsepSunandar_Ijazah.pdf
Asep_kwitansi.pdf atau AsepSunandar_kwitansi.pdf

 

12. Bagaimana Cara Melakukan Pemberkasan ?

Jawab :

Jika sudah berhasil upload semua dokumen, silahkan lakukan pemberkasan ke Sekretariat PMB di Kampus 1 UGJ dengan membawa dokumen sebagai berikut :
a) Formulir Pendaftaran yang sudah ditandatangani dan bermaterai.
b) Formulir Pemesanan Jas Almamater yang sudah ditandatangani.
c) Surat Izin Orang Tua yang sudah ditandatangani dan bermaterai.
d) Surat Pernyataan Mahasiswa yang sudah ditandatangani dan bermaterai.
e) Surat Keterangan Sehat dari Dokter/Puskesmas/RS.
f) Fotocopy Kwitansi atau Bukti Pembayaran UKT
g) Pas Foto Background biru: 3 x 4 (2 buah), 4x6 (1 buah) dan 2x3 (2 buah).
h) Membawa materai sebanyak 4 buah.